Thursday, December 13, 2012

Artikel Asal Mula Photoshop


Asal Mula Photoshop
Sejarah Photoshop

Semuanya bermula pada tahun 1987 saat Thomas Knoll, seorang kandidat doktor di Universitas Michigan, membuat sebuah program untuk menampilkan gambar berwarna grayscale di monitor monokrom. Program yang disusun di bawah platform Macintosh ini diberi nama ‘Display’. Thomas Knoll lalu memperlihatkan program ini pada saudara kandungnya, John Knoll, yang bekerja sebagai ahli efek visual di Industrial Light & Magic. John Knoll (pemenang piala Oscar tahun 1989 untuk kategori efek visual terbaik dalam film 'The Abyss' yang juga turut menggarap film 'Star Wars' dan 'Star Trek') langsung tertarik dengan program ini dan menyarankan Thomas mengembangkannya sebagai program olah gambar.
Thomas dan John Knoll memulai pengembangan Photoshop di tahun (1987). Versi 1 dirilis oleh Adobe pada tahun (1990). Versi awal Photoshop yang diberi nama "Knoll Software" dirilis sebelum kerjasama dengan Adobe resmi dibuat. Photoshop versi pertama ini berukuran 1.4 MB. Lebih jauh, aplikasi Photoshop 0.63 lengkap dengan manual online dapat disimpan dalam disket dan bahkan masih menyisakan 200kb ''disk space'' bebas.Meskipun pada awalnya Photoshop dirancang untuk menyunting gambar untuk cetakan berbasis-kertas, Photoshop yang ada saat ini juga dapat digunakan untuk memproduksi gambar untuk (World Wide Web). Beberapa versi terakhir juga menyertakan aplikasi tambahan, (Adobe ImageReady), untuk keperluan tersebut.
Photoshop dapat menerima penggunaan beberapa model warna yaitu :
  • RGB Color Model 
  • Lab Color Model 
  • CMYK Color Model 
  • Grayscale
  • Binary Image Bitmap
  • Duotone
Untuk lebih serius menggarap program, Thomas Knoll mengambil cuti studi 6 bulan dan mengajak saudaranya, John Knoll untuk bekerjasama. Pada 1988, mereka merilis program olah gambar tersebut yang diberi nama ‘ImagePro’ yang kemudian diganti lagi menjadi ‘Photoshop’. Debut awal Photoshop di pasaran terjadi saat Thomas dan John Knoll bersepakat dengan produsen pemindai gambar/scanner Barneyscan untuk menyisipkan program itu dalam paket penjualan pemindai Barneyscan XP.

Tak cukup sampai di situ, John Knoll lalu mencoba mencari peruntungan di kawasan industri terkenal ‘Silicon Valley’. Di sini dia mendemonstrasikan keunggulan program Photoshop kepada Apple Computer Inc dan Adobe. Pihak Adobe pun akhirnya kepincut dan pada bulan September 1988 membeli lisensi program itu.


Adobe Photoshop. 





Bulan Februari 1990, Adobe secara rasmi melancarkan program Adobe Photoshop versi 1.0 berkapasiti sama dengan sekeping floppy disk ( 1.4 Mb ) yang hanya boleh dioperasikan untuk komputer ber-platform Macintosh. Dan, sejak itulah program ini mulai mencatat sejarah hingga menjadi salah satu masterpiece di dunia teknologi informasi.
Adobe Photoshop 2.0. 






Adobe Photoshop 2.0 dikeluarkan pada bulan Jun1991 yang hanya boleh dioperasikan di bawah platform Macintosh. Selanjutnya pada November 1992, dikeluarkan pula versi 2.5 yang bersesuaian untuk platform Windows, IRIX dan Solaris.
Adobe Photoshop Version 3.0. 






Adobe Photoshop 3.0 dikeluarkan pada September 1994 di mana dalam versi ini mulai diperkenalkan feature ‘Layer’ dan ‘Palette’ dengan tab – tab terpisah.
Adobe Photoshop 4.0. 






Adobe Photoshop 4.0 dikeluarkan pada November 1996 di mana dalam versi ini diperkenalkan feature ‘Actions’. Selain itu feature ‘Layer’ lebih disempurnakan.
Adobe Photoshop 5.0. 






Adobe Photoshop 5.0 dikeluarkan pada Mei 1998. Dalam versi ini diperkenalkan feature ‘History’. Selain itu diperkenalkan pula tool “Magnetic Lasso” dan “Type”. Bulan Februari 1999 versi 5.5 sekali lagi di keluarkan dan kali ini dilengkapi dengan program tambahan “ImageReady”.
Adobe Photoshop 6.0. 






Adobe Photoshop 6.0 di keluarkan pada September 2000. Dalam versi ini penampilan user interface -nya lebih kemas dan banyak feature seperti “Liquify” dan “Vector Shapes” telah ditambahkan. Pada Mei 2001, Photoshop di-updatekan ke versi 6.0.1.
Adobe Photoshop 7.0.






Adobe Photoshop 7.0 di keluarkan pada Mei 2002. Dalam versi ini tool “Type” lebih disempurnakan dan ditambahkan lagi dengan diperkenalkannya tool “Healing Brush”. Bulan ogos 2002, versi 7.0.1 pula di keluarkan dengan menyertakan plug – in “Camera RAW” 1.x.
Adobe Photoshop CS ( Creative Suite ).









Adobe Photoshop CS (8.0) dikeluarkan pada Oktober 2003. Dalam versi ini plug-in ‘Camera RAW’ di-update ke versi 2.x. Tool ‘Slice’ lebih disempurnakan. Fungsi ‘Shadow \ Highlight’ dan ‘Match Color’ ditambahkan. Selain itu ada juga filter ‘Lens Blur’ dan ‘Smart Guides’. Pada versi ini logo telah dirubah dan nama produk Photoshop menjadi Adobe Creative Suite ( CS ) dan sejak itu pula penjualan Photoshop telah di bundle dengan produk Adobe lainnya seperti Adobe Illustrator, Adobe InDesign, Adobe GoLive, Adobe Acrobat Professional, Version Cue, Adobe Bridge , Adobe Stock Photos dan Dreamweaver 8.
Adobe Photoshop CS2.








Adobe Photoshop CS2 (9.0) dikeluarkan pada April 2005. Dalam versi ini plug-in Camera RAW di-update ke versi 3.x dan ditambah lagi beberapa features seperti: ‘Smart Objects’, ‘Image Warp’, ‘Lens Correction’, ‘Smart Sharpen’, ‘Vanishing Point’, ‘New Spot healing brush’ dan ‘Red-Eye tools’.
Adobe Photoshop CS3.





Adobe Photoshop CS3 (10.0) di keluarkan pada April 2007. Dalam versi ini user interface-nya lebih ditingkatkan dan ditambahkan sejumlah feature seperti ‘Smart Filters’, ‘Refine Edge’, ‘Auto bend Layers’, ‘Auto Align Layers’, dan ‘Black and White Conversion’. Logo produk juga diubah menjadi initial ‘ PS ’ saja.
Adobe Photoshop CS4.




Adobe Photoshop CS4 (11.0) dikeluarkan pada Oktober 2008. Beberapa feature terbarunya adalah: kemampuan mengolah gambar 3 dimensi, kemampuan menambahkan aksi pada sebuah gambar tanpa mengubah file asli, ditambahkan tool ‘Content Aware Scaling’ yang berfungsi secara automatik menyusun ulang sebuah gambar saat ukuran diubah (resized) serta masih banyak feature yang lain lagi.
Dan yang terbaru dikeluarkan pada tahun 2010 Adobe Photoshop CS5  











Photoshop CS5 diluncurkan pada tanggal 12 April 2010. Dalam sebuah video yang diposting di halaman resmi Facebook nya, tim pengembangan mengungkapkan teknologi baru dalam pengembangan, termasuk tiga sikat dimensi dan alat warping.Sebuah versi dari Adobe Photoshop CS5 Extended digunakan untuk Beta prerelease (dikenal sebagai "White Rabbit"). Sekelompok besar pengguna Photoshop dipilih diundang untuk pengujian beta pada pertengahan Februari 2010.

Saat ini Thomas dan John Knoll bekerja di Adobe. Kalau diperhatikan, nama mereka selalu terpampang saat kita membuka aplikasi software Adobe Photoshop. Sambil terus mengembangkan Photoshop, John masih disibukan dengan profesinya sebagai Visual Effect Supervisor di ILM. Beberapa film science fiction terkenal yang pernah ditangani John antara lai.
Sumber :
bladesnapper.blogspot.com/.../asal-mula-photoshop-sejarah-...

No comments:

Post a Comment