Thursday, December 13, 2012

Artikel Asal Mula Nama Nero Burning Rom

Asal Mula Nama Nero Burning Rom


Nero Burning Rom, biasa disebut Nero saja, adalah program komputer untuk menulis data pada media optikal disk yang dikembangkan oleh Nero AG(sebelumnya Ahead Software) yang berlokasi di Jerman.

Bagi temen-temen SMABA yang sering burning cd pasti udah gak asing lagi sama aplikasi ini. Tapi coba perhatikan icon/logo yang digunakan oleh Nero - Sebuah bangunan Collosium yang sedang terbakar, dan asal nama "Nero" itu sendiri mungkin masih sedikit yang tahu.

Jadi begini, nama nero di ambil dari nama kaisar Romawi yaitu Claudius Nero Caesar Augustus Germanicus





Dia adalah Kaisar Romawi yang berkuasa pada 13 Oktober AD 54 - 9 Juni AD 68 (13 tahun, 240 hari). Ia adalah kaisar terakhir dari dinasti Julio-Claudian yang hidupnya hanya sampai usia ke 30. Nero diadopsi oleh pamannya yang bernama Klaudius untuk menjadi ahli warisnya dan penggantinya. Dia berhasil naik tahta pada tahun 54AD setelah Claudius wafat.

Selama pemerintahannya, Nero memusatkan sebagian besar perhatiannya dibidang diplomasi, perdagangan, dan kebudayaan. Ia memerintahkan pembangunan teater dan memperkenalkan olahraga atletik. Selama pemerintahannya Nero memiliki beberap Jenderal yang berprestasi. Salah satunya Jenderal Corbulo yang mengagumkan, melakukan perang dengan sukses dan menegosiasikan perdamaian dengan Kekaisaran Parthia. Selain itu Jenderalnya yang lain bernama Suetonius Paulinus, berhasil menghancurkan pemberontakan di Britain(Inggris). Selain itu, Nero juga menganeksasi(menaklukan) Kerajaan Bosporan, dan hal ini menyebabkan Perang Romawi-Yahudi dimulai.

Pada tahun 64, sebagian besar Roma hancur dalam sebuah Kebakaran Besar. Hal ini menjadi bagian dari sejarah, dan peristiwa ini sering disebut "Great Fire of Rome". Sebagian orang menuduh bahwa yang Nero yang menjadi otak dibalik itu. Alasannya agar dia bisa mendapatkan sebagian kecil tanah yang dia inginkan. Pada tahun 68AD, pemberontakan Vindex di Gaul dan kemudian aklamasi Galba di Hispania membuat Nero turun dari tahta. Menghadapi ancaman pembunuhan yang ditujukan padanya, akhirnya ia bunuh diri pada 9 Juni 68 AD.

Singkatnya begitu, tapi hubunganya sama Nero Burning Rom?


Pada paragraf ketiga bagian "Nero yang pertama", dijelaskan bahwa terjadi sebuah kebakaran besar di Roma, yang
"kemungkinan" disebabkan oleh Kaisar Nero tersebut. Jika dijadikan sebuah frasa dalam bahasa inggris menjadi "Nero Burning Rome" yang artinya sudah pasti Nero(Kaisar) yang membakar Romawi. Frasa ini kemudian digunakan dan diplesetkan oleh Ahead Software menjadi "Nero Burning Rom", hanya huruf "e" dihilangkan. Ini alasanya kenapa icon/logo yang dipakai oleh Nero Burning Rom adalah gambar Collosium yang sedang terbakar.

Karena
1)Collosium sudah menjadi lambang untuk Romawi
2)bentuknya pun lingkaran/bulat sama seperti CD/DVD.

Sumber :
scoutsmaba.blogspot.com/.../asal-mula-nama-nero-burning-...

No comments:

Post a Comment